Thursday, December 2, 2010

Happy New Year

Posted by dhenique at Thursday, December 02, 2010
Perayaan tahun baru adalah salah satu perayaan tertua di dunia. Banyak orang percaya bahwa tahun baru pertama kali dirayakan sekitar 4000 tahun yang ditandai dengan kemunculan bulan purnama pertama setelah Vernal Equinox. Perayaan tahun Babel baru berlangsung selama sebelas hari.

Bulan Januari diberi nama untuk dewa mereka, Janus, yang digambarkan dengan dua kepala. Satu tampak depan dan belakang, hal itu melambangkan rentang waktu lama dan baru. Untuk merayaknnya orang Yunani biasa melakukan parade, mereka memasukkan bayi dalam keranjang untuk mewakili semangat kesuburan. Umat Kristen mengadopsi simbol ini sebagai kelahiran bayi Yesus dan kemudian berlanjut sebagai ritual pagan. Maka dari itulah Tahun Baru dilambangkan dengan bayi yang baru lahir.
Tidak semua negara merayakan Tahun Baru pada saat yang sama dan dengan cara yang sama. Hal ini karena orang-orang di berbagai belahan dunia menggunakan kalender yang berbeda. Dulu orang membagi waktu ke hari, bulan, dan tahun. Beberapa kalender ditetapkan berdasarkan pada pergerakan bulan, kalender yang lain ditetapkan berdasarkan pada posisi matahari, sementara yang lain didasarkan pada posisi matahari dan bulan. Masyarakt dunia pun memiliki keyakinan yang berbeda-beda mengenai tahun baru.

Tahun Baru Yahudi disebut Rosh Hashanah. Ini adalah saat bagi mereka untuk merefleksikan diri dengan berjanji untuk berbuat lebih baik di masa depan. Kegiatan keagamaan diselenggarakan di rumah-rumah ibadat dengan diiringi instrumen yang terbuat dari tanduk kambing jantan yang disebut Shofar. Anak-anak biasanya diberikan baju baru dan roti Tahun Baru panggang, selain itu orang-orang biasanya juga makan buah-buahan untuk mengingatkan mereka akan waktu panen.

Tahun Baru Cina dirayakan antara tanggal 17 Januari dan tanggal 19 Februari pada saat bulan baru atau yang disebut Yuan Tan. Perayaan ini biasa dirayakan oleh orang Tionghoa di seluruh dunia dengan melakukan parade jalanan. Festival yang terkenal di Tahun Baru Cina adalah Festiva Ribuan Lentera, mereka megarak lentera di jalanan untuk menerangi jalan bagi orang-orang yang merayakan Tahun Baru. Orang Cina percaya bahwa ada roh-roh jahat bergentayangan di Tahun Baru, sehingga mereka melepaskan petasan untuk menakut-nakuti roh tersebut agar menjauh pergi. Kadang-kadang mereka menempelkan segel di jendela dan pintu dengan kertas untuk mengusir roh-roh jahat yang ada di dalam rumah.


Nenek moyang kita berpikir bahwa apa yang orang makan dan lakukan di hari pertama tahun baru akan mempengaruhi nasib mereka sepanjang tahun nantinya. Oleh karena itu orang biasanya merayakan tahun baru bersama teman dan para kerabat.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar posting ini

 
Go Girly Copyright © 2010 by dhenique Designed by Ipietoon.com - Vector by Artshare.ru