Thursday, February 25, 2010

Relaksasi Dengan Wewangian Aromaterapi

Posted by dhenique at Thursday, February 25, 2010
Aromaterapi atau yang lebih dikenal dengan sebutan essential oil adalah salah satu dari berbagai tanaman yang dapat membawa perubahan dalam tubuh atau suasana hatimu. Aromaterapi memiliki kekhasan aroma tertentu yang sangat kuat sehingga memiliki efek untuk membangkitkan memori, selain itu aromaterapi juga dapat memberi perubahan pada mood seseorang. Aromaterapi adalah sejenis essential oil pembawa perubahan positif dalam pikiran dan tubuhmu.
Sebenarnya essential oil itu bukanlah parfum dan begitu pula sebaliknya. Parfum hanyalah kumpulan bahan kimia sintetik.Walaupun mungkin baunya sangat harum, namun itu tidaklah sama dengan aromaerapi. Beberapa keharuman aromaterapi:

Eucalyptus
Keharuman ini menggunakan Eucalyptus untuk membantu sistem pernafasan penyakit dengan meningkatkan pernapasan. Disarankan menggunakan keharuman ini untuk mengurangi keseleo dan nyeri otot.

Frankincense
Keharuman frankincense digunakan untuk meredakan luka, diare, kista payudara, dan menstruasi yang berlebihan. Keharuman ini biasanya juga digunakan untuk menyembuhkan jerawat, infeksi jamur, bisul,menyembuhkan bekas luka.
Geranium
Keharuman ini digunakan untuk mengurangi gejala PMS, gugup, ketegangan, dan stres. Selain itu keharuman geranium juga berguna membantu memperbaiki rusaknya pembuluh kapiler seperti luka bakar, luka, dan eksim.

Jasmine
Aroma jasmine sangat cocok untuk relaxing, meringankan mabuk perjalanan, dan pingsan karena cuaca panas. Aroma jasmine juga sangat baik digunakan dalam proses melahirkan sebagai pendukung proses pemulihan setelah melahirkan. Aroma jasmine juga dipercaya dapat berperan untuk merawat kulit kering dan sensitif.

Lavender
Aroma lavender digunakan untuk mengobati rematik, keseleo, masalah pernapasan, kram perut, depresi, insomnia,luka bakar, kerusakan kulit akibat sinar matahari, dan berbagai jenis infeksi kulit.

Minyak Nilam
Keharuman ini memiliki efek menguntungkan pada kulit seperti menyembuhkan infeksi, dan gigitan serangga. Selain itu aroma lavender juga membantu masalah-masalah yang terkait dengan stres dan kecanduan.

Peppermint
Aroma pappermint digunakan untuk mengobati asma, mual, sakit perut, kram, pilek, demam, pingsan, sakit kepala, kelelahan mental, perut kembung dan mual.Selain itu peppermint juga dapat membantu untuk mengurangi atau menghilangkan sikap apatis, shock, migrain, gugup, stres, vertigo dan pingsan.

Rose
Keharuman rose baik untuk mengurangi sakit kepala, ketegangan syaraf,stres, insomnia, dan mual. Selain itu jenis aroma terapi ini juga bisa digunakan sebagai perawatan kulit kering, dan sirkulasi darah yang buruk.

Rosemary
Aroma rosemary efektif untuk mengurangi kelelahan mental,sirkulasi darah yang tidak lancar, pereda rasa nyeri otot, dan melancarkan saluran pernapasan.

Sandalwood
Selain aroma sandalwood cocok untuk relaksasi, aroma terapi ini juga berguna untuk perawatan kulit untuk melembabkan kulit dan menyembuhkan masalah kulit.

Sweet Orange
Aroma terapi sweet orange bermanfaat untuk mengobati ketegangan otot, sirkulasi darah yang tidak lancar, obesitas, bronkhitis, pilek, sembelit, dan stres.

Tea Tree
Aroma tea tree sangat cocok sebagai disinfektan, anti-bakteri, dan anti-jamur.

Keharuman aromaterapi yang harus dihindari ketika kamu dalam keadaan hamil: Basil, Cedarwood, Clary Sage, Adas, Jasmine, Juniper, Lavendar, marjoram, mur, Rose, Rosemary, Sage, dan Thyme.

Keharuman aromaterapi yang harus dihindari oleh penderita Epilepsi: Champhor, Adas, hyssop, Sage, dan Rosemary.

Cara Menggunakan Aromaterapi:
  1. Ambil beberapa tetes essential oil ke dalam mangkuk berisi air panas. Kemudian hirup uapnya selama 15-30 menit. Perawatan ini sangat bagus untuk mengurangi sinusitis.
  2. Campurkan essential oil favoritmu kedalam air dan tempatkan dalam botol spray, semprotkan sesering kamu suka untuk proses relaksasi.
  3. Teteskan essential oil ke sarung batal atau guling ditempat tidurmu, ini cocok untuk relaksasi menjelang tidurmu setiap malam.
  4. Essential oil juga bisa digunakan pada proses massage, tapi jangan lupa encerkan terlebih dahulu sebelum dioleskan di kulitmu.
  5. Teteskan aromaterapi pada air yang akan kamu gunakan untuk mandi, kamu akan mendapatkan efek yang sangat efektif untuk relaksasi tubuh.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar posting ini

 
Go Girly Copyright © 2010 by dhenique Designed by Ipietoon.com - Vector by Artshare.ru