Thursday, February 18, 2010

Pesona Seekor Kucing

Posted by dhenique at Thursday, February 18, 2010
Kucing adalah binatang yang unik. Sejarah kucing diawali ketika spesies ini diyakini berevolusi dari jenis binatang musang lebih dari 40 juta tahun yang lalu. Kucing pertama dipelihara di wilayah Hulu Sungai Nil Mesir untuk menghilangkan hama pertanian. Seperti halnya di Mesir, di Afrika  kucing pun adalah binatang yang sangat dibutuhkan sebagai pengusir hama tikus.

Orang Mesir terpesona oleh kemampuan fisik yang dimiliki kucing. dan Memiliki kucing berarti memiliki perlindungan yang aman dari predator lain, kucing juga banyak diminati karena kucing bisa menangkap bianatang lain yang bisa digunakan sebgai makanan mereka sendiri. Kucing juga memiliki kemampuan penglihatan yang tinggi di malam hari.Berbagai kelebihan yang dimiliki kucing inilah yang membuat orang semakain tertarik untuk memelihara kucing.

Peranan kucing bagi manusia semakin penting seiring dengan berkembangnya dunia perdagangan gandum di Mesir Kuno. Mereka membawa kucing dalam setiap ekpedisi perdagangan, kucing memiliki peranan penting untuk menghilangkan kutu dan hama yang menghancurkan gandum mereka diatas kapal.
Sejarah Mesir Kuno mencatat bahwa orang akan mendapatkan hukuman mati jika mereka terbukti menyakiti kucing. Mesir adalah negara yang mempopulerkan sebutan-sebutan bagi kucing, pertama mereka menyebut kucing dengan Mau (diucapkan seperti meow). Seiring berkembangnya jaman, muncul berbagai sebutan kucing seperti yang kita kenal saat ini seperti Cat, Kitty, dan Pussy.

Tidak berbeda dengan Mesir dan Afrika, Roma membiakkan kucing untuk berburu tikus. Kemampuan yang dimiliki kucing telah membuatnya populer seantero Roma. Banyak sejarawan meyakin ibahwa kucing dengan cepat diadopsi karena tabiat, sikap, dan keterampilan yang mereka miliki untuk memberantas hama. Meskipun kucing dapat menjadi bagian dari sebuah komunitas atau kelompok, tapi mereka pun sebenarnya bisa hidup mandiri. Hal ini berbeda dengan anjing yang sangat membutuhkan perhatian dan penerimaan, seekor kucing tidak terlalu mutlak membutuhkan hal tersebut. Kucing bisa hidup dengan diri mereka sendiri, mereka dan tidak memerlukan hubungan emosional.

Kucing yang kita kenal sekarang masih memiliki kemampuan dan sikap yang sama. Untuk orang-orang tertentu kucing adalah binatang menjengkelkan, tapi banyak juga orang yang menerima karakteristik ini sebagai keunikan kucing. Mereka umumnya akan memiliki kepuasaan tersendiri dengan memiliki kucing sebagai binatang peliharaan.

Kucing dapat dilatih untuk mengikuti perintah-perintah sederhana, mereka juga adalah binatang penurut yang selalu datang saat dipanggil. Hal lain yang merupakan kelebihan kucing adalah kekuatan, kelincahan, dan keseimbangan mereka. Ada pepatah lama yang mengatakan bahwa seekor kucing memiliki 9 nyawa karena mereka memiliki kemampuan fisik yang luar biasa, inilah sebabnya mengapa mereka sering bisa lolos bencana.

1 comments:

Hey Al ! on May 9, 2010 at 10:05 AM said...

wow....

Post a Comment

Silahkan memberi komentar posting ini

 
Go Girly Copyright © 2010 by dhenique Designed by Ipietoon.com - Vector by Artshare.ru