Sunday, February 14, 2010

Bahaya Kantong Plastik Bagi Lingkungan

Posted by dhenique at Sunday, February 14, 2010
Pemerintah di beberapa negara mulai mengeluarkan larangan penggunaan kantong plastik.Kantong plastik sangat populer karena murah, kuat, ringan, fungsional, dan higienis membawa makanan serta barang-barang lain. Tampaknya kantong plastik merupakan bagian dari kehidupan modern. Disisi lain kantong plastik sangat berbahaya karena dapat menyebabkan polusi, membunuh satwa liar, dan pembuatannya  pun memakan banyak sumber daya alam di bumi.

Sekitar seratus miliar kantong plastik digunakan setiap tahun di Amerika, belum lagi angka yang ditemukan di negara-negara lain seperti India, Cina, Eropa, dan bagian lain di dunia. Kantong plastik menjadi masalah serius bagi lingkungan, hal ini semakin diperburuk oleh negara-negara maju yang memberikan kontribusi dalam pengirimanlimbah plastik ke negara-negara berkembang seperti India.

Efek Kantong Plastik :

Kantong plastik memberi kontribusi dalam mencemari lingkungan.
 Mereka dibuang ke TPA jika sudah tidak digunakan lagi. Setiap tahun semakin banyak kantong plastik yang mencemari lingkungan, mereka mencemari saluran air, taman, pantai, dan jalan-jalan. Jika dibakar, kantong plastik justru mencemari udara karena menimbulkan asap beracun.
Sekitar 100.000 hewan seperti lumba-lumba, kura-kura paus, penguin mati setelah memakan kantong plastik. Mereka menelan kantong plastik karena mereka mengira itu makanan mereka. Lebih buruk lagi, binatang tidak bisa mencerna kantong plastik yang mereka makan.

Kantong plastik termasuk unsur non-biodegradable
Salah satu dampak terburuk kantong plastik adalah sifat kantong plastik yang non-biodegradable. Tanah membutuhkan waktu sekitar 1000 tahun untuk mengurai sebuah kantong plastik.

Produksi tas plastik memerlukan minyak bumi
Harga minyak bumi semakin melambung dari hari ke hari, persediaannya pun kian hari semakin menipis. Padahal minyak bumi adalah sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Minyak sangat penting bagi untuk menunjang kehidupan manusia terutama sebagai sumber energi, bahan bakar, dan penerangan, Disisi lain, selama ini produksi minyak bumi hanya terfokus untuk memproduksi kantong plastik saja.

Bahaya Kantong Plastik Terhadap Kehidupan Biota Laut
Kantong plastik merupakan salah satu pemberi kontribusi terbesar dalam mencemari daerah pinggiran pantai. Banyak hewan dan biota laut terluka dan tewas setiap hari oleh sampah kantong plastik. Kita banyak menjumpai akhir-akhir ini kura-kura mati setelah memakan kantong plastik, kantong plastik nampaknya sudah merupakan santapan sehari-hari bagi hewan-hewan laut. Bagi manusia, beberapa kasus menemukan bahwa manusia tewas karena terjerat dalam kantong plastik ketika mereka tenggelam di laut.Sampah kantong plastik yang mencemari saluran air akan terbawa hujan dan sebgian berakhir di laut.

Berbagai pilihan sebagai pengganti kantong plastik :
  1. Gunakan tas biodegradable yang terbuat dari kain.
  2. Tas katun bisa digunakan untuk berbelanja sebagai pengganti kantong plastik.
  3. Menggunakan kantong nilon yang dapat digunakan dan dipakai ulang beberapa kali.
  4. Gunakan keranjang rotan untuk berbelanja.
  5. Mensosialisasikan efek buruk penggunaan plastik.
  6. Jika harus menggunakan kantong plastik, gunakan jenis kantong plastik tebal.

3 comments:

Dewi Sundari said...

Ternyata dampak kantong plastik yg selama ini kita gunakan berdampak sangat besar juga ya bagi kesehatan.

ucik said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Greeneration on August 10, 2010 at 4:13 PM said...

melihat bahaya2 yang ditimbulkannya, sudah saatnya kita mengurangi penggunaan kantong plastik.

sudah punya tas baGoes? baGoes adalah solusi nyata untuk membantu mengurangi penggunaan kantong plastik. Selain bisa dilipat menjadi gantungan kunci, baGoes dapat mengganti hingga 1000 kantong plastik.

info lebih lanjut mengenai tas baGoes bisa dilihat di http://shop.greeneration.org

yuk sebarkan pengurangan penggunaan kantong plastik ini, untuk mendukung terwujudnya Indonesia tuntaskan sampah! :)

Salam,

Reta Yudistyana
Greeneration Indonesia

--
Greeneration Indonesia
green attitude green environment
Kanayakan D 35 . Bandung 40135
Jawa Barat - Indonesia
Telp/Fax: +62-22-2500 189
Email: info@greeneration.org
Web: www.greeneration.org

Post a Comment

Silahkan memberi komentar posting ini

 
Go Girly Copyright © 2010 by dhenique Designed by Ipietoon.com - Vector by Artshare.ru